Website penuh inspirasi tentang Teknologi, Komputer, Pemrograman, Games, Informasi Umum dan pengetahuan lainnya. Dibuat berdasarkan pengalaman dan ilmu yang didapat. sebagai sharing dan berbagi ilmu untuk kemajuan bangsa INDONESIA TERCINTA

Ingin pasang iklan di banner ini ? harga promo hanya 50.000/Bulan. Hubungi kami di kontak

Cara Mengatasi Hasil Print Putus - Putus atau Bergaris

Hasil Print Putus - Putus atau Bergaris


Mengatasi Hasil Print Putus - Putus dan Bergaris -  Mungkin sobat yang sedang kebingungan kenapa hasil printer dokumen yang di cetak putus - putus atau hasil print bergaris seperti gambar diatas. Banyak faktor yang menyebabkan seperti itu dan yang paling sering di sebabkan adalah cartridge nya yang bermasalah, entah itu ecoudernya kotor atau menggumpal, tinta mau abis, tinta kering karena jarang dipakai dll.

Apabila sobat menggunakan jenis printer infus maka hasil hasil printer dokumen yang di cetak putus - putus dan bergaris umumnya timbul karena adanya penyumbatan pada selang dan hal ini menyebabkan tinta cartridge tidak bisa mengalir dengan maksimal. Kegagalan mencetak juga disebabkan oleh faktor Head cartridge yang sudah rusak atau kondisi yang sudah tidak layak dan hal ini menyebabkan printer tidak bisa mencetak data dengan maksimal.

Sebelum membahas cara mengatasi hasil print putus - putus atau bergaris sebaiknya sobat mengetahui terlebih dahulu apa itu cartridge, apa fungsinya, bagaimana prosesnya dan apa komponen - komponennya sehingga sobat bisa menganalisa terlebih dahulu apa yang menyebabkannya.

Cartridge

Sebagian besar printer inkjet, seperti yang dibuat oleh Canon, HP, dan Epson menggunakan inkjet termal di dalam setiap partisi reservoir tinta terdapat elemen pemanas dengan pelat logam kecil atau resistor.

 Menanggapi sinyal yang diberikan oleh printer, arus kecil mengalir melalui logam atau resistor membuatnya hangat, dan tinta yang bersentuhan dengan resistor yang dipanaskan diuapkan menjadi gelembung uap kecil di dalam nosel. Akibatnya, tetesan tinta dipaksa keluar dari nozzle cartridge ke atas kertas. Proses ini memakan waktu sepersekian milidetik.

Proses Pencetakan

Seperti dilansir di Wikipedia Proses pencetakan tergantung pada aliran tinta yang halus, yang dapat terhambat jika tinta mulai mengering pada print head, seperti yang dapat terjadi ketika tinta dalam cartridge akan habis. 

Tinta juga bertindak sebagai cairan pendingin untuk melindungi elemen pemanas pelat logam - ketika persediaan tinta habis, dan pencetakan dilakukan, elemen pemanas dalam kartrid termal sering terbakar, secara permanen merusak print head. Ketika tinta mulai berkurang, cartridge harus diisi ulang atau diganti, untuk menghindari kerusakan kepala cetak yang terlalu panas.

Dari penjelasan di atas mungkin sobat sudah memahami alur prosesnya dan mungkin sudah menimbang - nimbang atau menganalis apa yang menyebabkan printer sobat hasil cetak putus - putus atau bergaris. Simak cara mengatasinya dibawah ini.

Mengatasi Hasil Print Putus - Putus atau Bergaris

untuk mengatasinya, langkah awal yang harus sobat lakukan adalah cleaning terlebih dahulu dengan fitur head cleaning dengan cara :
  • Buka Start lalu cari Control Panel..
  • Setelah menu Control Panel terbuka,  cari dan klik View devices and printers pada kategori Hardware and Sound.
  • Setelah menu Devices and Printers terbuka, klik kanan printer yang bersangkutan (contoh Canon E410) lalu pilih Printing Preferences..
  • Menu Printing Preferences akan muncul, pilih menu Maintenance.
  • Kemudian klik Head Cleaning.
  • Klik Start atau Ok atau Yes jika muncul jendela konfirmasi, proses pembersihan head akan berlangsung, tunggu hingga proses selesai yang ditandai dengan printer berhenti beroperasi.
Jika sudah selesai coba sobat print dokumen dan lihat hasilnya jika hasilnya baik tidak bergaris atau putus - putus berati cartridge sobat masih dalam keadaan baik hanya mungkin tintanya menggumpal atau kering. Tetapi jika hasil cetakan masih bergaris dan putus - putus berarti cartridge sobat agak bermasalah, coba sobat lakukan langkah kedua dengan sebagai berikut :


  • Buka cartridge yang di dalam printer sobat.
  • Kuras tinta dalam cartridge nya denga cara suntik dengan suntikan isi ulang tinta yang sobat punya tetapi jangan diisikan tinta, suntik saja dan diamkan beberapa menit, tinta di dalam pasti akan keluar dengan sendirinya, setelah itu pompa suntukannya sampai benar - benar bersih.
  • Lalu rendam dengan air hangat, tetapi hanya Encoudernya saja jangan sampai terkena headnya.
  • Lalu pompa kembai dengan suntikan untuk menghilangkan yang menymbat.
  • Isi cartridge dengan tinta dan bersihkan Encoudernya dengan di lap.
  • Pasang kembali cartridge ke dalam printer
  • Lakukan langkah awal terlebih dahulu dengan melakukan Head Cleaning.

Hasil Print Putus - Putus atau Bergaris

Hasil Print Putus - Putus atau Bergaris

Jika sudah selesai coba sobat print dokumen dan lihat hasilnya. Menurut saya jika belum pernah mencoba langkah ini kemungkinan hasil cetak baik lagi dan tidak putus-putus atau bergaris adalah  80%.  persenan akan berkurang jika sudah melakukannya berkali - dengan cara ini, dan jika sudah tidak bisa lagi ya berati cartridge sobat sudah waktunya diganti :) 

Mungkin ini saja cerita pengalaman saya tentang Cara Mengatasi Hasil Print Putus - Putus atau Bergaris, terimakasih telah berkungjung di blog Bintang Inspirasi. Share dan koment jika bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengatasi Hasil Print Putus - Putus atau Bergaris"

Post a Comment

Jangan Lupa tinggalkan komentar anda jika postingan ini bermanfaat :)

Bintang Inspirasi. Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel