Website penuh inspirasi tentang Teknologi, Komputer, Pemrograman, Games, Informasi Umum dan pengetahuan lainnya. Dibuat berdasarkan pengalaman dan ilmu yang didapat. sebagai sharing dan berbagi ilmu untuk kemajuan bangsa INDONESIA TERCINTA

Ingin pasang iklan di banner ini ? harga promo hanya 50.000/Bulan. Hubungi kami di kontak

Tips dan Cara Yang Harus Dicermati Dalam Mengerjakan Soal Psikotes

Tips dan Cara Yang Harus Dicermati Dalam Mengerjakan Soal Psikotes -  Hello sobat inspirasi, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tes psikologi atau psikotes. Seperti hal yang kita tau tes psikotes sering digunakan dalam tahap seleksi perekrutan karyawan dibanyak perusahan.Tujuan dari psikotes itu sendiri adalah untuk mengukur aspek individu secara psikis.

Tes psikotes ini dianggap memiliki faktor ketidakpastian yang mampu memutarbalikan perhitungan logis potensi seseorang. Secara garis besar penilaian dari tes psikotes ini bukan kecerdasan yang diukur, melainkan kepribadian seperti apa yang diinginkan oleh perusahaan tersebut. Bukan persoalan pintar atau tidak, tapi tujuan dari tes ini untuk mencari kepribadian yang cocok dengan perusahaan.




Maka dari itu menanggapi hal tersebut bintang inspirasi ingin berbagi informasi tips dan cara dalam mengerjakan tes psikologi / psikotes dengan cermat. Semoga dapat membantu mengurangi kekurangan para pejuang sekalian.
Berikut soal yang kerap muncul dalam tes psikologi / psikotes :

1. Tes Wartegg


Wartegg test atau tes wartegg terdiri atas 8 kotak dimana masing‐masing kotak berisi titik,
garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis saling memotong, dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung. Pada tes wartegg ini peserta akan diminta untuk membuat sebuah gambar untuk masing‐masing kotak dan menuliskan nama peserta gambar sesuai urutan gambar yang telah dibuat. Penilaian dari tes wartegg ini adalah emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek bukan mahirnya peserta dalam menggambar.
 
 Tips dalam mengerjakan tes ini ialah :
  • Disini adalah apapun yang kalian gambar secara tidak langsung menggambarkan kepribadian anda. Jika kalian menggambar hal yang wajar atau biasa saja, tentu penilaian untuk kepribadian anda ya "biasa aja bisa dibilang umum". Cobalah gambar sesuatu yang lebih berkreasi serta berbeda dari biasanya itu dapat memberikan penilaian berwawasan luas.

2. Tes Koran

  Tes Koran ini berisi angka yang tersusun secara virtual dalam bentuk lajur-lajur. Calon peserta tes diminta untuk menjumlahkan dua angka yang berdeketan dalam waktu yang ditentukan dan tidak jarang juga menggunakan waktu untuk menyelesaikan penjumlahan tersebut. Penilaian yang didapatkan dari tes ini adalah sikap terhadap tekanan, kemampuan penyesuaian diri, ketelitian, konsisten, serta kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan.


 Tips dalam mengerjakan tes ini ialah :
  •  Hal yang paling penting dalam mengerjakan tes ini adalah konsentrasi. Terkadang dipertengahan tes sering muncul rasa grogi atau tiba-tiba tidak fokus, maka dari itu persiapkan diri semaksimal mungkin fokus pada soal.
  • Hindari menggunakan pensil mekanik, karena bisa memakan waktu untuk mengisi jika isinya sudah habis.

3. Tes Analogi Verbal

Tes Analogi Verbal ini meliputi koreksi makna, sinonim, antonim, dan pemahaman dalam narasi tertentu. Yang dinilai dalam tes ini yaitu kemampuan logika peserta terhadap sebuah kondisi, untuk melihat sejauh mana peserta memahami sebab dan akibat suatu permasalahan dalam pekerjaan.


 Tips dalam mengerjakan tes ini ialah :
  •  Pelajari dan hafalkan sinonim-antonim kata, korelasi kata ataupun pemahaman narasi secara terus menerus untuk mengasah kemampuanmu menjawab soal.

4.  Tes Logika Aritmatika

Tes Logika Aritmatika ini terdiri dari deret angka, yang menjadi penilaian dari tes ini adalah kemampuan analisa peserta dalam memahami pola‐pola atau kecenderungan tertentu yang berbentuk deret angka dan kemudian memprediksikan hal‐hal lain berdasarkan pola yang ada.

 Tips dalam mengerjakan tes ini ialah :
  • Jangan terpaku dengan satu soal yang belum bisa dipecahkan, lebih baik kerjakan yang lebih mudah terlebih dahulu ingat waktu terus berjalan.
  • Latihlah kemampuanmu dengan sering mengerjakan latihan soal dari buku-buku tes psikotes.

5. Tes Logika Penalaran

Tes Logika Penalaran ini adalah soal-soal penuh gambar. Peserta dituntun untuk konsentrasi yang tinggi, serta tenang dalam menghadapi soal, atau juga dituntut berimajinasi lebih tinggi.


 Tips dalam mengerjakan tes ini ialah :
  •  Konsentrasi, hati-hati dan teliti. Karena bentuk-bentuk yang ditampilkan hampir serupa meskipun nggak sama.
Baca juga : Cara mengatasi Pertanyaan jebakan Yang Sering Diajukan HRD Dalam Interview

 
Demikian tips dan cara yang harus dicermati dalam mengerjakan soal psikotes Terimakasih telah berkunjung di bintanginspirasi.com. Tetap semangat dan semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat serta membantu para sobat-sobat sekalian :)

1 Response to "Tips dan Cara Yang Harus Dicermati Dalam Mengerjakan Soal Psikotes"

Jangan Lupa tinggalkan komentar anda jika postingan ini bermanfaat :)

Bintang Inspirasi. Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel