Website penuh inspirasi tentang Teknologi, Komputer, Pemrograman, Games, Informasi Umum dan pengetahuan lainnya. Dibuat berdasarkan pengalaman dan ilmu yang didapat. sebagai sharing dan berbagi ilmu untuk kemajuan bangsa INDONESIA TERCINTA

Ingin pasang iklan di banner ini ? harga promo hanya 50.000/Bulan. Hubungi kami di kontak

Cara dan Tutorial Membuat Aplikasi Android Dengan Tools MIT App Inventor

mit app inventor


Membuat Aplikasi Android Dengan Tools MIT App Inventor -  kali ini kami akan membahas Cara dan Tutorial Buat Aplikasi Android Dengan Tools MIT App Inventor. sobat pastinya tahu kan aplikasi android, disini kami akan memberikan cara termudahnya membuat aplikasi android dengan Mit App Inventor.

Mit App Inventor

App Inventor adalah sebuah tool untuk membuat aplikasi android yang sebelumnya di kembangkan oleh google dan saat ini dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT), App Inventor memungkinkan pengguna baru untuk memprogram komputer untuk menciptakan aplikasi Android. App Inventor menggunakan antarmuka grafis hanya dengan drag n drop.

Tutorial Mit App Inventor

Untuk langkah pertama Membuat Aplikasi Android Dengan Tools MIT App Inventor masuk web MIT App Inventor http://appinventor.mit.edu/explore/ setelah itu klik Create apps! (pojok kanan atas diweb). Yang menyenangkan dari tool ini adalah karena berbasis visual block programming, jadi kita bisa membuat aplikasi tanpa kode satupun.

Mengapa disebut visual block programming? karena kita akan melihat, menggunakan, menyusun dan drag-drops “blok” dalam membuat aplikasi, dan secara sederhana kita bisa menyebutnya tanpa menuliskan kode program / coding.

Sebelum memulai pembuatan disini ada beberapa menu yang perlu di ketahui :


  • Project (warna hitam) : adalah menu awal berisi antara lain start new project, save project, Delete Project.
  • Connect (merah) : menu untuk menghubungkan project kita dengan menggunakan media antara lain. MIT App Inventor Companiaon (bisa didownload di Google Playstore).    Berfungsi sebagai emulator untuk project kita. Jadi kita bisa langsung mencoba aplikasi yang kita buat tanpa harus mendownloadnya terlebih dahulu.
  • Build (kuning) : menu untuk download aplikasi kita. Dengan save project kita kekomputer. Atau melalui scan Barcode yang akan menuju ke link download yang bisa langsung di download dari Smartphone.
  • (biru) : untuk menambah screen dan menghapus screen jika membutuhkan beberapa screen.
  • Menu Designer untuk mendisain aplikasi kita dalam pengaturan layout, tombol, gambar dan lain-lain.
  • Block akan berisi logika dari aplikasi kita. 
  • Sebelum memulai pembuatan Aplikasi kita harus mempunyai akun Gmail terlebih dahulu. Karena MIT App Inventor dibuat oleh google lalu dikembangkan oleh MIT.
Baca juga : Cara Efektif Menulis Karya Ilmiah Dengan Microsoft Word 2010

Membuat Aplikasi Android

Untuk membuatnya di Mit App Inventor buka menu projects klik Start new Project lalu beri nama project kalian misalnya kali ini kita akan membuat aplikasi android sederhana mengubah text menjadi suara seperti suara google maps yang sempat viral itu . Sebut saja dengan Aplikasi Talk to Me.

  • Setelah langkah membuat project telah dilakukan yang pertama sobat membuat tampilan UI (user interface) nya terlebih dahulu seperti label - texbox - button dan lain-lain tinggal drag n drop saja.
  • Setelah selesai merancang tampilannya sobat klik menu blocks yang berada pojok kanan atas.
  • Di menu blocks itu adalah untuk mengatur perintah-perintah dari rancangan tampilan yang telah dibuat.

Mengubah Text menjadi suara

Yang pertama sobat membutuhkan : 
Palette - User Interface - Button 
Palette - Media - TextToSpeech 
Dengan cara drag n drop di viewer.

Di Menu Components kita ganti nama tombol tadi, dengan cara rename. Missal. Click Me! Menu Propertis berguna untuk merubah tombol / button yang kita masukkan tadi. Ada beberapa menu contohnya mengganti background, warna, ukuran, atau text pada tombol. 
  • Setelah itu pindah di Menu Blocks (pojok kanan atas) untuk mengisi logic dari tombol tadi.
  • Klik Button tadi (Click Me!) lalu pilih Click_me! click. dengan cara drag n drop.
  • Lalu Klik TextToSpeech dan pilih call TextToSpeech.speech lalu pasang pada blok button Click me tadi. Seperti gambar dibawah ini.  
  • Setelah itu pada menu Block pojok kiri pilih text. Drag n drop blok yang kosong.

  • Isi Blok tersebut dengan kata. Yang nantinya akan dikeluarkan menjadi suara.
  • Setelah selesai, sobat bisa langsung save dengan cara,  pilih project - export selected project. maka file project akan disimpan
  • Lalu kita coba dengan app inventor companion yang telah didownload lagi. Atau disave menjadi apk.
  • Lalu sobat instal di smartphone android sobat dan buka
  • Dan akan mucul sesuai rancangan tampilan sobat lalu test dengan ketikan "hai bintang inspirasi" saat kita menekan tombol button  akan mengeluarkan suara "hai bintang inspirasi". 

Mungkin itu saja Cara dan Tutorial Membuat Aplikasi Android Dengan Tools MIT App Inventor jangan lupa baca lanjutan dari artikel ini di Bintanginspirasi.com 

Terimakasih telah berkunjung di bintanginspirasi.com website yang memberikan info, tips dan cara seputar teknologoi, komputer, games dan pemrograman. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. Jika berkenan klik iklan di halaman ini untuk keberlangsungan penulis untuk memberikan artikel bermanfaat. :)




1 Response to "Cara dan Tutorial Membuat Aplikasi Android Dengan Tools MIT App Inventor"

Jangan Lupa tinggalkan komentar anda jika postingan ini bermanfaat :)

Bintang Inspirasi. Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel