Cara Membedakan Jam Casio G-Shock Asli atau Palsu

Cara Membedakan Jam G-Shock Asli atau Palsu - Sebagai merek jam tangan yang memiliki rentang varian yang sangat beragam, G-Shock menjadi salah satu arloji yang kerap dipalsukan. Tak jarang, tampilan fisik jam tangan “kawe” yang meniru G-Shock tersebut terlihat seperti asli.

Lalu, tak jarang pula ada korban penipuan yang ternyata memberli barang “kawe” yang dia dapatkan dari membeli secara online. Umumnya, untuk secara teknis pemeriksaan keaslian G-Shock masih berkutat pada tampilan fisik.

Mungkin kamu pernah mengalami kesulitan membedakan Casio G-SHOCK original dan palsu alias KW saat hendak membeli jam tangan baru. Karena terlihat sangat mirip, tak heran kalau kamu susah membedakannya. Berikut cara membedakan jam G-Shock Asli atau Palsu

Ciri - Ciri Jam Casio G-Shock Palsu

Sebenarnya kemungkinan bagi Anda untuk tertipu saat membeli sebuah jam tangan casio G-shock cukup kecil. Apalagi jika Anda telah memiliki sebuah jam casio g-shock asli sebelumnya, karena ciri-ciri dari jam g-shock palsu sebenarnya sangat mudah dikenali. Berikut beberapa ciri-cirinya :

  • Beberapa tipe jam palsu meletakkan tombol light pada sebelah kiri, dimana pada jam casio G-shock asli selalu meletakkannya disebelah kanan ( dan bawah pada beberapa model ).
  • Pada umumnya jam palsu tersebut tidak meniru persis pada jam casio g-shock asli, jadi pastikan Anda menyimpan photo produk g-shock yang asli pada smartphone Anda dan mencocokkannya disaat akan melakukan transaksi. ( baca artikel ini untuk mengetahui ciri jam g-shock Asli )
  • Ejaan nama yang salah tapi mirip, dari G-shock menjadi C-shcok ataupun lainnya
  • Jam g-shock asli selalu memiliki kode tertentu seperti G-9000-1, GWN-1000B-1 dan lain lain, sementara jam palsu cenderung tidak diberi kode.
  • Logo pada tombol lampu jam casio G-shock selalu berlogo huruf G, bukan C seperti pada photo di atas.
  • Kwalitas yang sangat rendah pada finishing maupun material produk

Tips Membedakan Jam Casio G-Shock Asli atau Palsu

G-Shock palsu jauh lebih variatif dari G-Shock asli. Dari sinilah seorang pemerhati G-Shock bisa menilai sebuah produk adalah palsu, karena karena memang G-Shock tidak pernah merilis produk dengan warna-warna tertentu.

  • Tekan Tiga Tombol Bersamaan

Cara ini berlaku untuk semua produk Casio G-SHOCK karena tombol konfigurasi yang seragam. Karena gampang, kamu bisa coba langsung di toko untuk membuktikan G-SHOCK yang akan kamu beli itu ori. 

Caranya, tekan semua tombol secara bersamaan kecuali tombol “Light” atau “Reset” atau “Reserve” pada jam tangan kamu. Pada G-SHOCK original, kamu akan melihat semua tempat yang seharusnya menunjukkan angka, akan menampilkan angka 8. Semua tempat digit akan terisi bila kamu melakukan langkah ini. 

  • Cek Nomor Module

Setelah melakukan langkah di atas, langsung tekan tombol “Start” atau “Search” atau “Forward”. Pada G-SHOCK original akan langsung muncul nomor module yang sesuai dengan yang tertera di case back dan manual. 

Produsen G-SHOCK KW tak akan mengeluarkan effort sebesar itu untuk menyesuaikan nomor module pada produk tiruannya. Tapi tidak semua G-SHOCK menampilkan nomor module saat kita melakukan langkah ini. Ada varian G-SHOCK yang malah mengaktifkan semua indikator digital. 

  • Coba Fitur Compass

Cara ini bisa kamu coba pada G-SHOCK Ana-Digi dengan fitur compass. Pada G-SHOCK asli, jarum detik akan dengan cepat bergerak ke posisi jam 12 saat kamu mengaktifkan compass. Namun pada G-SHOCK KW, fitur compass seringkali tidak berfungsi. Hanya sebagai hiasan saja. 

  • Harga Miring

Agar pembeli tidak tergiur membeli jam tangan G-Shock yang dijual dengan harga super miring, karena dapat dipastikan jam tangan dengan harga murah meriah sekitar Rp 50.000/pcs hingga ratusan ribu adalah produk KW alias abal-abal

Kesimpulan

Kalau membedakannya itu pertama jelas dari harga, produk asli harganya mahal bisa jutaan, G-Shock asli paling murah Rp 1,5 juta paling mahal Rp 3 juta hingga Rp 4 juta juga ada. Yang KW biasanya cuma puluhan ribu paling mahal juga ratusan ribu saja

Sebagai informasi, kartu garansi jam tangan G-Shock asli berwarna biru dengan logo Garansi 1Tahun pada pojok kanan atas di bawah tulisan “Japan” sebagai negara pembuat jam tangan tersebut. Selain itu, pada kartu garansi terdapat alamat jelas Casio Service Center yang merujuk pembeli untuk memperbaiki jam tangan G-Shock yang rusak pada service center resmi.

Itulah tadi cara membedakan jam tangan Casio G-shock yang asli dengan yang palsu. Kejelian dan pengetahuan tentang produk ori tentu dapat memudahkan dalam membedakannya. Namun, cara yang paling mudah dalam menghindari produk palsu adalah membeli jam tangan tersebut di official store. jika ingin membeli online bisa di toko online zalora yang terkenal dengan produk-produk ori nya.

Terimaksih telah berkunjung di bintanginspirasi.com semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan nilai yang positif bagi semua yang membacanya :)

1 Komentar untuk "Cara Membedakan Jam Casio G-Shock Asli atau Palsu"

  1. Jam g-shock saya palsu dong ini karena beli di harga 150 an.. tapi walaupun sepertinya palsu lumayan dari tampilan mah. Gtw kalo kualitas. Baru beli soalnya. Wkwk

    BalasHapus

Jangan Lupa tinggalkan komentar anda jika postingan ini bermanfaat :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel