Mengatasi Masalah Not Optimum Mode Pada Win 10

Mengatasi Masalah Not Optimum Mode pada win 10 - Apakah anda baru saja menaikan resolusi / refresh rate? Atau apakah anda baru menghidupkan GPU Scaling pada aplikasi AMD Radeon? dan sekarang anda kini berhadapan dengan layar kosong atau hitam dimana anda tidak dapat mengubahnya kembali?

Jika anda mensetting resolusi monitor terlalu tinggi atau refresh rate monitor yang terlalu tinggi, ada kemungkinan monitor tidak kuat untuk mengaplikasikannya. Nah, untuk memproteksi diri agar tidak rusak, maka monitor tersebut akan meniadakan gambar dan mematikan dirinya sendiri. 

Jika sudah seperti ini, maka monitor tidak akan menampilkan gambar apapun. Jika monitor anda jenis digital, mungkin akan menampilkan pesan “Out of range” atau sejenisnya. Nah, dalam artikel ini saya akan sharing cara memperbaiki settingan agar monitor yang mati karena setting resolusi terlalu tinggi itu bisa hidup normal kembali tanpa harus install ulang. 

Ciri masalah dari settingan resolusi terlalu tinggi adalah komputer masih hidup seperti biasa, pada saat komputer hidup, BIOS tampil seperti biasa, tetapi setelah windows progress anda muncul, tiba-tiba monitor anda blank.

Pada umumnya resolusi standart yang digunakan tertera pada spek monitor tetapi untuk setelan resolusi tergantung VGA. Berikut tips dan trik mengatasinya :

Mengatasi Masalah Not Optimum Mode / seting resolusi terlalu tinggi

  1. Restart komputer.

Sebelum masuk ke jendela loading windows cepat-cepat menekan tombol F8 untuk memunculkan menu pilihan type booting windows. Pada win 10 tampilannya akan lebih keren tapi membingungkan sebenarnya. berikut step by step mengatasi masalah not optimun mode pada windows 10

  • klik see advance repair options (lihat gambar)

  • klik menu troubleshoot

  • lalu klik menu advanced


  • lalu klik menu starup setting

Nah setelah itu akan ada beberapa pilihan start. Jika kasusnya berlebih menaikan resolusi/refresh rate, anda bisa menggunakan pilihan "Eneble low-resolutions vidio mode" lalu setelah berhasil masuk windows anda wajib menurunkan resolusi agar tidak terjadi lagi masalah monitor.

Tapi jika kasusnya mengaktifkan GPU Scaling pada aplikasi AMD Radeon, anda bisa menggunakan pilihan "Eneble Safe Mode" dan setelah berhasil masuk windows anda bisa menguninstall aplikasi tersebut dan setelah restart anda bisa install kembali.

Mungkin itu saja Cara Mengatasi Masalah Not Optimum Mode pada win 10. Penjelasan di atas murni pendapat dan pengalaman yang dialami. Terimakasih telah berkunjung di Bintang Inspirasi, share dan koment jika bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Mengatasi Masalah Not Optimum Mode Pada Win 10"

Posting Komentar

Jangan Lupa tinggalkan komentar anda jika postingan ini bermanfaat :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel