Faktor - Faktor Motor Brebet dan Cara Mengatasinya | Mudah dan Lengkap

Faktor - Faktor Motor Brebet
Faktor - Faktor Motor Brebet


Motor brebet atau tersendat - sendat pada saat di gunakan memang sangat menjengkelkan entah itu brebet pada tarikan atas atau tarikan bawah. Performa motor pun jadi sangat bermasalah dan jika tidak di tindak lanjuti akan mengganggu keseharian anda bahkan motor bisa menjadi tambah rusak dan merembet kemana - kemana.

Banyak faktor - faktor motor brebet entah itu brebet putaran atas atau putaran bawah. motor brebet  bisa disebabkan oleh banyak faktor dan cara penggunaannya, jadi simak baik - baik faktor - faktor penting motor brebet dan cara mengatasinya

Faktor - faktor motor brebet dan cara mengatasinya


  • Bahan bakar
Faktor - Faktor Motor Brebet

Bahan bakar menjadi salah satu faktor motor brebet, kualitas bahan bakar, bahan bakar tercampur air atau selang bahan bakar tersumbat itu sudah pasti menjadi masalah dan bisa menyebabkan motor brebet. Sobat bisa cek saluran bahan bakarnya, dari mulai tutup tangki hingga saluran bensin menuju karbu.

Untuk masalah ditutup tangki biasanya ada lubang hawa di tutup tangki, cek lubang hawa tersebut atau bersihkan saja karena jika sedikit tersumbat saja bisa mempengaruhi kucuran bensin menuju karbu.

Cek juga selang bensin dan filter bensin, buka dan bersihkan, jika sudah bertahun - tahun tidak di bersihkan pasti banyak kotor di dalam filter bensinnya, sobat coba cek dan bersihkan secara berkala.


  • Karburator
Faktor - Faktor Motor Brebet

Karburator menjadi faktor terbesar dalam motor brebet, karenan karburator ini cukup besar perannya dalam hal mengendalikan tarikan gas motor dan semprotan bensin ke dalam mesin untuk dibakar. Penyebab motor brebet karena kerusakan pada karbu biasanya kemasukan air pada saat hujan atau sehabis di cuci steam dan perangkat dalam karbu yang rusak seperti pelampung bensin dalam karbu, karen jika pelampung itu rusak akan menyebabkan banjir pada karbu, pilot jet dan main jet yang kotor.

Faktor - Faktor Motor Brebet

Untuk mengatasi masalah motor brebet dikarenakan karbu, sobat bisa buka dan bersihkan sendiri, beranilah dan belajar membersihkan karbu sendiri karena menurut saya itu mudah saja tidak rumit. daripada service motor mahal - mahal hanya di bersihkan karbu saja itu sangat di sayangkan apalagi jika ekonomi nya pas - pasan seperti saya.  :D jadi cobalah belajar, intinya hanya keberanian saja, sekarang sudah ada youtube, banyak sekali tutorialnya disana.


  • Pengapian pada Busi 
Faktor - Faktor Motor Brebet

Sudah tidak asing lagi bagi masalah motor entah itu berebet dan lainnya. Pada pengapian busi ini harus di cek pertama kali jika motor berebet pada tarikan bawah, bisa jadi pengapian pada busi ini terganggu karena busi basah atau ada air masuk dan lebih parahnya busi sudah rusak. biasanya sehabis cuci steam, menerjang banjir dan menerjang hujan lebat motor akan berebet dikarenakan pengapian pada busi tidak sempurna.

Untuk mengatasinya sobat bisa buka busi sndiri cek dan bersihkan, jika ada air mengembun sudah dipastikan masalahnya pengapian pada busi. Bersihkan air dalam lubang busi menggunakan lap kering, masukan kain lalu selah motor berkali - kali tapi dalam keadaan stop kontak mati sampai benar - benar bersih dari air.

Lalu cek busi apakah masih bagus apa tidak dengan cara nyalakan stop kontak motor lalu selah motor berkali - kali dalam keadaan busi di luar dekatkan dengan mesin, jika mengeluarkan api atau listrik cukup besar berati busi tidak apa - apa lalu bersihkan saja dengan cara mengamplas yang hitam - hitam sampai bersih. Tetapi jika hanya kecil saja atau bahkan tidak ada apinya berati busi sudah rusak atau konslet.

Mungkin itu saja Faktor - Faktor Motor Brebet dan Cara Mengatasinya,  berbagi pengalaman saya, karna saya pengguna motor Satria Fu jadi sering sekali terkena motor brebet, jika sobat sudah bertahun tahun mengendarai motor dan tidak gonta ganti motor pasti segala penyakit dan lainnya sobat sendiri yang lebih tahu. 

Terimakasih telah berkunjung di bintang inspirasi, semoga berguna dan bermanfaat

0 Response to "Faktor - Faktor Motor Brebet dan Cara Mengatasinya | Mudah dan Lengkap"

Post a Comment

Jangan Lupa tinggalkan komentar anda jika postingan ini bermanfaat :)

Bintang Inspirasi. Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel