Website penuh inspirasi tentang Teknologi, Komputer, Pemrograman, Games, Informasi Umum dan pengetahuan lainnya. Dibuat berdasarkan pengalaman dan ilmu yang didapat. sebagai sharing dan berbagi ilmu untuk kemajuan bangsa INDONESIA TERCINTA

Ingin pasang iklan di banner ini ? harga promo hanya 50.000/Bulan. Hubungi kami di kontak

Langkah Mudah Membuat Kabel UTP Straight

Pada artikel kali ini saya akan membahas materi tetnang Langkah Mudah Membuat Kabel UTP Straight, berbicara tetnang kabel UTP tentu sudah tidak asing bagi anda yang semasa sekolah mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, dimana didalamnya anda akan mempelajari materi tentang Membuat Kabel UTP ini, disini saya akan membahasnya secara singkat, padat namun jelas. 


Apa sih fungsi dari kabel UTP itu? Kabel UTP akan berfungsi bagi anda yang ingin terhubung melalui internet pada PC ( Personal Computer ) yang anda miliki, PC yang kita miliki tidak akan bisa terhubung ke koneksi internet tanpa adanya kabel UTP, kecuali pada Laptop yang sudah dilengkapi dengan fitur Wirreles / Wifi yang dapat dengan mudah mengakses koneksi internet dimanapun.

Berbeda dengan Laptop untuk PC kita harus memilikinya terlebih dahulu atau membuatnya terlebih dahulu sebelum akhirnya siap untuk digunakan ... lalu bagaimana rupa dari kabel UTP tersebut? 

Rupa Kabel UTP

Nah bagi yang belum tahu tentang bagaimana rupa dari kabel UTP berikut ini adalah rupa dari kabel UTP 
Dimana tersusun dari beberapa warna kabel yang terhubung ke sebuah PIN Connector yang disebut juga dengan RJ45 yang turut berfungsi agar si kabel bisa menghubungkan antara PC dan Router yang ada. 

Singkatan Kabel UTP 

Oh iya nih, dari tadi ngebahas kabel UTP, tapi belum ngebahas singkatannya .. hehe ... mungkin bagi anak TKJ sudah tau yaa dan tidak asing lagi mendengar namanya tapi kali ini saya tujukan bagi kawan-kawan yang baru mau belajar dan mengenal tentang kabel ini, Kabel UTP merupakan singkatan dari ( Unshielded Twister Pair ) atau yang lebih dikenal dengan singaktannya yaitu UTP.. 

Kabel UTP sendiri dibagi jadi 2 secara penyusunanya yang pertama ada secara Straight dan yang kedua secara Crossover, lantas apa perbedannya? perbedaannya sangat terlihat jelas secara penyusunan langkahnya ... berikut ini adalah urutan / susunan kabel UTP untuk type Straight. 

Susunan Kabel UTP Secara Straight

  • Putih Orange - Orange, Putih Hijau - Biru, Putih Biru-Hijau, Putih Coklat - Coklat
nah sangat sederhana dan mudah dihafal bukan? untuk secara Crossover kita hanya perlu membaliknya saja dari urutan Coklat. 
  • Putih Coklat-Coklat, Putih Hijau - Biru, Putih Biru- Hijau, Putoh Orange-Orange. 
Sangat sederahana dan simple bukan? agar bisa dimasukkan kedalam PIN Connector nya ( RJ45 ) pastikan menggunakan alat potong "Crimping Tool" untuk merapihkan ujung-ujung kabel yang ada, karena kalau tidak rapih, akan tetap terhubung tapi tidak bisa maksimal. 

 Gambar dari Pin Connector RJ45


Alat pemotong Kabel Crimping Tool 

Nah dua alat diatas sangat diperlukan apabila anda akan membangun sebuah jaringan dirumah ataupun usaha warnet yang anda miliki. demikianlah artikel singkat mengenai langkah mudah membuat kabel UTP Straight ... nantikan artikel terbaru lainnya

0 Response to "Langkah Mudah Membuat Kabel UTP Straight"

Post a Comment

Jangan Lupa tinggalkan komentar anda jika postingan ini bermanfaat :)

Bintang Inspirasi. Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel