Cara, Syarat, dan Biaya Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba ( SKBN ) 2019

Surat Keterangan Bebas Narkoba  ( SKBN ) merupakan sebuah surat yang menyatakan diri kita bersih dari barang-barang terlarang seperti Narkoba ( Ganja, Coccain, Morphin, Napza dan lain-lain ). dimana bisa ktia pergunakan ketika hendak melamar pekerjaan di perusahaan BUMN ( Badan Usaha Milik Negara ) yang pasti mewajibkan siapapun pelamarnya untuk melampirkan SKBN ( Surat Keterangan Bebas Narkoba ) 


Lalu bagaimana cara membaut Surat Keterangan Bebas Narkoba ( SKBN ) ?, Apa saja syaratnya, Masa Berlaku nya, berapa biaya yang diperlukan untuk membuat SKBN, Berapa lama waktu yang dibutuhkan... pada artikel kali ini saya akan membahas Cara, Syarat, dan Biaya Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba ( SKBN ) 2017 berdasarkan pengalaman yang saya alami. Mari kita langsung ke inti pembahasan nya saja yaa biar gak penasaran :D hehehe.

Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba ( SKBN )

Bagaimana sih caranya membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba atau SKBN? apa sulit? baiklah sebenarnya Cara membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba ini sangatlah mudah dan tidak rumit dalam proses pembuatannya. yang perlu sobat lakukan ketika akan membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba ini adalah dengan datang ke beberapa tempat berikut, yang bisa sobat kunjungi untuk membuat SKBN ( Surat Keterangan Bebas Narkoba ) 

  • RSUD 
  • Puskesmas 
  • Dinas Kesehatan 
  • Kantor BNN Setempat
  • Kantor Polres Setempat 
"Kok ke Kantor Polisi sih mas? kan mau bikin Surat Keterangan Bebas Narkoba" merupakan sebuah pertanyaan yang muncul dari mulut teman saya ketika akan membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba. Membuat SKBN sebenarnya tidak hanya bergantung ke rumah sakit atua Puskesmas setempat saja, tapi bisa aja datang ke Polres langsung seperti yang saya lakukan bebrapa waktu lalu, mau kemana kita Membuat SKBN itu tergantung keputusan dari sobat sendiri :) 

Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba di POLRES

Karena pada saat itu saya membuat SKBN ini di Polres setempat, maka saya akan mengawali Caranya dengan membahas Membuat SKBN di POLRES setempat, caranya sangatlah mudah, sebagai berikut

Anda bisa langsung datang ke Polres Setempat dengan membawa beberapa persyaratan untuk membuat SKBN  diantaranya :

  1. Fotocopy KTP yang masih berlaku ( 1 lembar )
  2. Surat Keterangan Catatan Kepolisan ( SKCK ) ( 1 Lembar )
  3. Hasil Tes dari Laboratorium 
  4. Pas Foto ukuran 4x6 ( 2 buah )
"Hasil Tes dari Labolatorium", perlu diperhatikan disini, Hasil Tes dari Laboratorium, jadi saya jelaskan sedikit, sebelum anda datang langsung ke Polres sebaiknya anda sudah mendapatkan Surat Hasil Tes dari Laboratorium tersebut, kenapa? karena jika anda langsung datang ke Polres tanpa membawa Surat Hasil Tes dari Laboratorium nantinya anda akan disuruh untuk melakukan tes terlebih dahulu.

Lalu dimana saya bisa mendapatkan Hasil Tes Laboratorium tersebut? caranya dengan datang ke Klinik atau LAB yang ada di daerah sobat, dan nanti anda akan di tes urine disana ( bukan di Polres )  setelah melakukan tes dan anda menerima suratnya, selanjutnya tinggal datang ke Polres dan masuk ke bagian Satreserse Narkoba kemudian bilang saja "pak saya mau bikin Surat Keterangan Bebas Narkoba" kemudian anda akan diminta keempat syarat diatas.

Setelah menyerahkan persyaratan anda bsia menunggu kurang lebih 20 menit, tergantung prosesnya setelah itu anda akan dipanggil oleh bapak yang membuat SKBN, dan SKBN pun sudah jadi dan bisa anda bawa pulang sebagai syarat untuk melamar pekerjaan. 

Nah diatas merupakan Surat Keterangan Bebas Narkoba yang saya buat di Polres sebagai salah satu syarat untuk melamar pekerjaan. Beberapa bagian saya coret karena merupakan identitas pribadi, hehe.


Fungsi Membuat SKBN ( Surat Keterangan Bebas Narkoba )

Untuk apa sih kita membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba? yang pasti untuk menyatakan bahwa diri kita terbebas dari barang-barang haram seperti Narkoba setelah melalui serangkaikan proses Tes yang telah dilakukan.

Selain itu fungsi lainnya adalah ketika kita hendak melamar ke perusahaan BUMN ( Badan Usaha Milik Negara ) yang pasti mewajibkan siapapun pelamarnya melampirkan SKBN tersebut, sebagai bukti bahwa kita benar-benar terbebas dari yang namanya Narkoba.


Masa Berlaku Surat Keterangan Bebas Narkoba ( SKBN ) 

Seperti halnya dengan surat-surat lain, SKBN ( Surat Keterangan Bebas Narkoba ) ini juga memiliki masa berlaku, untuk masa berlaku dari SKBN itu sendiri hanya selama 3 Bulan jadi setelah 3 bulan biasanya harus memperpanjang lagi seperti memperpanjang SKCK

Baca juga :  Cara Membuat atau Memperpanjang SKCK ( Surat Keterangan Catatan Kepolisian )

Biaya Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba ( SKBN ) 

Berapa sih biaya membuat SKBN itu? sebenarnya sangatlah bervariasi ya kalo menurut saya dalam pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba tersebut, tergantung di daerah sobat masing-masing, kalo saya tanya-tanya ke beberapa temen yang berada di luar Kota, ada yang bilang biayanya sekitar 150 ribu, 200 ribu, 160 ribu, bahkan saya pernah baca ada yang mencapai 250 ribu. 

Memang cukup menguras isi dompet tentunya, tetapi tidak akan sia-sia ketika anda diterima kerja di perusahaan BUMN ( Badan Usaha Milik Negara ) terkadang kita harus mengorbankan sesuatu demi menggapai apa yang kita inginkan, termasuk DUIT :D. Saya saat itu membuat SKBN kalo di totalkan menghabiskan biaya sekitar 175 ribu. 

175 Ribu = 125 Ribu untuk tes di Laboratorium, dan selebihnya untuk biaya-biaya lain, seperti fotocopy, dan lain-lain. berarti biaya murni nya 125 ribu dong? iya 125 ribu untuk di daerah saya, seperti yang saya bilang setiap daerah akan memiliki perbedaan masing-masing.

Nah sobat, sampai disini dulu pembahasan kita kali ini, semoga dengan apa yang saya tulis diatas bisa mempermudah dan menjadi referensi bagi sobat yang akan membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba yang dipergunakan untuk melamar ke berbagai perusahaan. Tetap Semangat dan Sukses Selalu! 

18 Responses to "Cara, Syarat, dan Biaya Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba ( SKBN ) 2019"

  1. Kalau masa berlaku nya berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa berlaku nya 3 bulan sejak tanggal pembuatan mas :)

      -Terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  2. Replies
    1. masa berlaku 3 bulan sejak tanggal pembuatan mas :)

      -Terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  3. Kalau sudah lewat setahun gimana apa masih bisa digunakan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa berlakunya hanya 3 bulan saja mas, jadi jika sudah lewat dari masa berlaku bisa dikatakan SKBN nya sudah tidak berlaku lagi :) jadi harus diperpanjang kembali mas.

      -Terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  4. kira2 gan bisakah kita mengurus skbn di beda wilayah, mis. buat skck didaerah A, tapi skbn di wilayah B
    mohon responnya
    trimakasih

    ReplyDelete
  5. halo gan, kalo perpanjang itu kita di tes lagi kayag buat awal atau perpanjang kayag bikin skck gitu ya ??

    ReplyDelete
  6. bisa mas, selama persyaratan nya terpenuhi SKBN itu bisa dibuat meskipun beda wilayah

    ReplyDelete
  7. @kuKuru , selama surat hasil tes dari laboratorium nya masih ada, bisa langsung dipake mas tanpa harus tes dari awal :)

    ReplyDelete
  8. kalau perpanjang skbn apaaja yang harus dibawaberkasnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk perpanjang SKBN berkas yang wajib dibawa yaitu [b]Surat Hasil Tes Laboratorium[/b] ini yang paling utama, masnya bisa bawa berkas pendukung lain juga untuk antisipasi diminta berkas tambahan.

      Delete
  9. mas saya ngurus skbn di RS masa berlakunya apakah tetep saka 3 bulan mas? Terimakasih

    ReplyDelete
  10. mas saya urus SKBN nya di Rumah Sakit. apakah masa berlakunya juga 3 bulan mas? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mbak, masa berlakunya tetap 3 bulan sejak tanggal di terbitkan :)
      terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  11. Ulasan yang bagus dan mennginspirasi

    Jangan lupa kunjungi situs akuntansi dan bisnis

    https://akupecintaakuntansi.blogspot.com/

    ReplyDelete

Jangan Lupa tinggalkan komentar anda jika postingan ini bermanfaat :)

Bintang Inspirasi. Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel